4 Jan 2011

10 Peringkat Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Teman, ternya di dunia kita ada sekitar 6912 bahasa yang digunakan di seluruh dunia. Dari ribuan bahasa tersebut ada 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Saya urutkan dari yang tertinggi dulu ya,,,

1. Bahasa Mandarin

* Jumlah penutur: sekitar 1,5 milyar jiwa.
* Negara penutur: Cina dan komunitas keturunan Cina lainnya di seluruh dunia. Bahasa resmi PBB.


2. Bahasa Inggris

* Jumlah penutur: sekitar 500 juta jiwa
* Negara penutur: Inggris Raya, AS, Afrika Selatan, Antigua & Barbuda, Australia, Bahama, Bangladesh, Barbados, Belize, Botswana, Brunei Darussalam, Dominika, Ethiopia, Eritrea, Fiji, Filipina, Gambia, Ghana, Grenada, Guyana, Hong Kong, India, Irlandia, Jamaika, Kamerun, Kanada, Kenya, dll.



3. Bahasa Hindi

* Jumlah penutur: sekitar 497 juta
* Negara penutur: India, AS , Mauritius , Afrika Selatan, Yaman, Uganda ,Singapura , Selandia Baru , Jerman , Fiji, Nepal, Suriname, Trinidad & Tobago, Guyana dan Uni Emirat Arab.


4. Bahasa Spanyol

* Jumlah penutur: sekitar 400 juta
* Negara penutur: Spanyol, Argentina, Bolivia, Chile, Dominican Republic, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kolombia, Mexico, Paraguay, Uruguay, dll.


5. Bahasa Arab

* Jumlah penutur: sekitar 300 juta orang
* Negara penutur: Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Syria, Uni Emirat Arab, dll.


6. Bahasa Rusia

* Jumlah penutur: sekitar 278 juta jiwa
* Negara penutur: Rusia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova. Bahasa resmi PBB


7. Bahasa Melayu (Termasuk Bahasa Indonesia)
Bahasa Indonesia yang termasuk dalam rumpun bahasa Melayu ternyata berada pada urutan ke 7 dengan jumlah penutur sekitar 259 juta orang. Hitungan kasar ini didapatkan dari perkiraan jumlah penduduk Indonesia tahun 2009 yang mencapai 230 juta jiwa ditambah penduduk Malaysia 28 juta, penduduk Brunei 388 ribu serta sebagian kecil penduduk Thailand, Singapura dan Timor Timur. Jumlah ini mungkin bisa bertambah karena sejak tahun 2007 Bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai bahasa resmi kedua di Vietnam.
Fakta menarik tentang bahasa Indonesia:
* Bahasa Indonesia menduduki peringkat 3 di Asia dan peringkat ke 26 di dunia dalam hal Tata bahasa terumit di dunia.
* Bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa ke 3 yang paling banyak digunakan dalam postingan blog di wordpress.
8. Bahasa Portugis

* Jumlah penutur: sekitar 240 juta jiwa
* Negara Penutur: Portugal, Brazil, Angola, Cape Verde, Timor Timur, Guinea-Bissau, Makau, Mozambique, São Tomé e Príncipe.


9. Bahasa Bengali
* Jumlah penutur: Sekitar 230 juta jiwa
* Negara Penutur: Bangladesh, India

10. Bahasa Perancis

* Jumlah penutur: sekitar 200 juta jiwa
* Negara Penutur: Perancis, Monaco, Kanada, Swiss, Belgia, Kamerun, Afrika Tengah, dll. 


Nah, itu 10 Peringkat Tertinggi Kategori bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.
Sumber dari : http://koranbaru.com/10-bahasa-yang-paling-banyak-digunakan-di-dunia/

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi rekan-rekan yang punya pertanyaan, masukan, usulan, unek-unek, apapun itu yang sekiranya bermanfaat untuk membuka wawasan kita dalam bahasa inggris silahkan share aja ya,,,,
Thanks alot in advance,,,